Selasa, 07 Juni 2016

Puasa pertama dan merindukan "pulang"

Assalamualaikum, 
alhamdulillah masih diberi umur panjang, kesehatan dan lagi mampu ketemu sama Ramadhan tahun ini. ada yang sama excitednya sama gue? sampai belanja ini itu buat menu buka-sahur? hahahaha.
eh, gue belum maaf-maafan sama reader (yaelah, lagaknya kek punya pembaca aja). anyway, Maaf lahir batin semuanya. dan selamat puasa! 

maaf sih, kalo ngepostingnya baru bisa pas hari kedua puasa kek gini. gue lagi sibuk bener di dapur. hahaha.
well, gimana puasa pertama kalian? kalo gue, penuh dengan drama! aseli~ 

it's been my first time Puasa and i'm in somewhere very far from home. ya...gue ada di benua lain saat ini. menjalani puasa gue sendiri. keuntungannya adalah  di benua ini malamnya sungguh panjang. imsak aja dimulai di 5.24 subuh. dan maghrib (buka puasa) ada di jam 4.30 malam. kebetulan karena ini lagi winter. 
anyway, puasa di negeri orang yang gak mayoritas dan masih lumayan rasis ada berat dan ada nggaknya. masih lebih banyak beratnya menurut gue. ya mungkin ini dari sudut pandang anak baru tinggal di negara orang dalam kurun waktu yang lumayan lama. 

bersyukur sih gue, dapet pengalaman baru. rasanya puasa, ibadah di negeri orang yang sama sekali gak ngerti soal ibadah orang muslim di Ramadhan.

Sahur #day1
6 juni 2016. 4:00 a.m

gue memutuskan buat bangun sahur jam segini karena gue sengaja pilih waktu deket-deket imsak. oh iya, hari pertama imsak jam 5:25 a.m. lumayan kan masih ada waktu satu stengah jam sebelum imsak tiba. dan lagi pula gue nyiapin makanan sahur buat diri gue sendiri ini.  

namanya juga orang Indonesia, yang namanya makan ya pake nasi. kalo nasi udah gue masak sebelum tidur. sisa lauk buat temen nasi ini apa. siangnya, karena  hari minggu gak ada kegiatan, gue jalan-jalan ke fish market buat nyari ikan. apalagi orang makassar ya, gak lengkap makan kalo gapake ikan, entah dimasak ataupun di goreng. 
dengan menu seadanya gue akhirnya makan sahur, tapi entah kenapa nasi di piring gue udah hampir stengah jam rasanya belom berubah sama sekali. padahal gue lagi ngunyah dengan penuh perasaan. udah hampir jam 5 subuh, masih belom abis aja nasi di piring, padahal gak nambah sama sekali. aneh ya? 
akhirnya gue baru sadar, kalo gue ternyata gak berselera makan sendirian di meja. padahal masakan gue udah rasa rumahan seperti biasa gue masak pas di Indonesia. gue makan sahur sambil nangis, gue kangen rumah. 
10 menit sebelum imsak, gue chatting sama emak gue di makassar. beliau nanya, aku sahur apa. gue jawab sambil sesenggukan nangis "gue pengen pulang", nyokap gue gak tau. kalo anak paling bontotnya ini lagi kangen makan sahur yang rame. gue cuma kangen suasana, makanan bisa gue masak sendiri, tapi suasana??

gue cuma bisa jujur kalo gue lagi mangis pas sahur sama cowok gue yg kebetulan nelfon pas imsak. dia cuma nyuruh gue sabar dan kuat. gue cuma bisa bilang makasih sama dia. 

pagi hari, setelah gue bangun, gue melakukan aktivitas seperti biasa sampai siang hari. sampai dirumah udah jam 2siang. waktunya gue prepare menu buka puasa. bingung juga, mau buka puasa pake apa dulu ya? dan gue ngeliat seoongok pisang yang udah mateng bener, gue ambil kukusan. di kukus lah sampai akhirnya jadilah "Pallubutung" 

it's time to Buka Puasa ! 
udah jam 4.35, di hp gue adzan sudah berkumandang, sudah waktunya maghrib. gue duduk sendirian di meja, setelah membaca doa dan minum air putih dikit, gue mulai mencicipi takjil yg gue buat. dan, gue nangis lagi. 
kenapa gue nangis, gue gak tau. bukan karena rasanya gak enak. karena gue familiar banget sama rasanya. lagi-lagi gue kangen rumah. 

setelah menghabisi takjil dan minum teh anget, gue lalu bergegas shalat maghrib. baru rakaat pertama saja, rasanya air mataku udah kayak air terjun, derassssss... T_T
gue bersyukur bisa melalui puasa pertama gue di negeri orang tanpa ada cobaan yang berarti, yang mana cobaan itu di simpen buat gue pas buka puasa sama sahur. yang bikin gue hampir melambaikan tangan ke kamera. udah berasa main uji nyali. 

dan itu berulang sampai semalam hari ke 9 puasa. pas sahur. gue cuma butuh temen buat sahur deh kayaknya. bukannya gue manja atau gue cengeng dan gue pengen pulang. that's not as simple as. gue harus berperang dengan batin gue sendiri kalo gue harus nyiptain kenyamanan ramadhan versi gue yang sendirian. dan gue jujur that was so hard

gue kangen dengan berisiknya orang-orang pas ngebangunin sahur. gue gak nemuin itu disini. gue kangen dengan sibuknya nyari takjil ketika gue masih kejebak di jalanan. gue kangen dengan buka puasa rame-rame sama sahabat-sahabat gue. (if you could saw me when i wrote this, i'm just cried) gue kangen teraweh bareng, gue kangen suasana Ramadhan yang gue yakin gak gue bakalan dapetin di manapun selain di Indonesia. 

Surely, ini gak cuma gue yang ngerasain. temen-temen yang lagi merantau di negeri prang lainnya pun ngerasain apa yang gue rasa. cuma mungkin mereka masih tetap berusaha membiasakan walaupun sebenarnya mereka pun mungkin terlebih kangen dari pada gue. tapi inilah hikmah anak rantau. bisa jadi lebih sabar dan nahan ego. gue salut sama temen-temen rantau yang lain. yang setiap ramadhan harus berperang dengan yang namanya homesick

this is my first Ramadhan when I'm so far away from home. i just missing all the things about Ramadhan style in Indonesia. but, alhamdulillah...i'm still glad to see you again Ramadhan Mubarak. 



with Love,
hiksyanisanie


1 komentar: