Selasa, 16 September 2014

write what you want to...

akhir-akhir ini banyak banget yang nanya, "gimana cara nulis di blog?" atau "nulis apa ya bagusnya?"
awal punya blog juga gitu...ribet banget sama pertanyaan seperti ini. karena awalnya saya hanya nulis di aplikasi wordsheet buat nulis. bukannya saya gak tau apa itu blog, cuma karena saya suka malu sendiri kalo tulisan saya yang sebagian besarnya adalah curhat pengalaman pribadi dan curhatan temen-temen saya. saya malu, semua orang bisa tahu hal yang paling privat sekalipun dari diri kita. 

mungkin karena sudut pandang saya yang berbeda saat itu, tapi makin kesini jadi nyadar sendiri. okelah saya bisa nulis apa saja tentang kehidupan, pengalaman saya secara gamblang, tapi gak semuanya harus diposting dong. saya bisa milih mana yang orang bisa tahu, itung-itung bagi pengalaman, sharing dari sudut pandang yang berbeda.

dan gak semua yang saya tulis adalah pengalaman pribadi saya, terkadang saya juga nulis pengalaman dari curhatan teman-teman saya, namun dari sudut pandang yang berbeda, seakan-akan saya yang ngalamin kejadian itu. karena kata orang bijak "kamu gak akan pernah ngerti perasaan orang lain seperti apa, kecuali kamu pernah ngalamin hal yang sama"

bener banget! pernah suatu ketika temen saya, curhat tentang "diselingkuhin" dia cerita sambil nangis2 gitu, sebagai pendengar dan temen yang baik saya cuma bisa memeluk dan bilang "udahlah sayang...sabar ya, aku ngerti kok gimana rasanya" dia langsung nanya "emang kamu pernah diselingkuhin?" aku jawabnya sambil senyum aja. Hahaha, selingkuh mah biasa, udah expert kalo aku mah! makanya aku berani ngomong gitu karena aku tau, dan emang bener-bener tau rasanya. 

nah, oke udah segitu bahas tentang curhat-curhatannya...
sekarang balik ke intinya. 
nulis itu sama aja sama cerita atau curhat ke sahabat kamu, bedanya kamu ngomong dan sharingnya itu lewat tulisan, tujuannya biar orang-orang ikut ngerasain apa yang kamu rasa, meski gak utuh. bisa juga orang lain yang belum pernah ngalamin itu jadi bisa lebih aware sama kehidupannya sendiri, referensi biar dia lebih siap ngadepin kejadian yang mungkin kamu pernah alami.

biarkan kamu nulis ngelantur, ngalir, nikmati aja setiap kata yang kamu pengen tulis. 
blog itu bebas kok, hampir sama sama twitter, selama kamu gak nyinggung hal yang berbau SARA, tenang aja. demokrasi, kita bebas juga nyampein pendapat kita secara bebas dan lugas di blog kamu. jangan terlalu parnoan. selagi kamu masih bisa mempertanggungjawabkan apa yang kamu tulis. dan yang paling penting kamu jangan lupa nyantumin identitas penulis yang kamu pinjem kutipannya. itu penting banget soalnya, kita sama-sama menghargai apa yang kita tulis.

next...apa lagi yang perlu kamu tulis? 
apa saja, bebas! kamu mau nulis pengalaman kamu jatuh cinta? mau nulis pengalaman pahit sekalipun, biarkan seluruh dunia tahu. yang penting kamu tahu batasan kamu sampai dimana bisa ceritain kehidupan kamu. jangan sampai kamu menceritakan semua hal, kamu butuh privasi juga loh!
kalo menurut aku sih, tulis apa saja yang bisa jadi referensi untuk orang lain.
Love. Live. Story.



selamat menulis,
@hiksyanisanie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar