Minggu, 16 Agustus 2015

myselfholiday - Jakarta

assalamu alaikum...

yampun...lama banget baru bisa dan sempet nulis lagi, blognya udah lumayan penuh dengan sarang laba-laba nampaknya sih ya..dan cerita tentang selfholiday juga sebenarnya udah dari beberapa bulan yang lalu nongkrong di draft, tapi emang sibuk banget (sok sibuk) sampai lupa harus ngelanjutin tulisan tentang holiday beberapa waktu yang lalu..

saya seneng banget yang namanya jalan-jalan, kemana aja. mau diajakin jalan-jalan ke pasar pun sebenarnya saya seneng banget udah. yang penting keluar dari rumah. selalu pengennya suasana baru, meskipun cuma di dalam kota sendiri, entah hanya sekedar ngopi sama temen-temen ataukah keliling kota, rasanya cukup! Hahaha, kasian ya? Tapi alhamdulillah, tahun ini bisa liburan sendirian...

Nah, beberapa bulan yang lalu...saya sempat nih nyolong waktu buat jalan-jalan di Jakarta Kota Lama, sekitaran museum Fatahillah. Jujur aja, sering banget ke Jakarta itu malah paling jarang banget ke tempat ini. Hahaha, kebanyakan nongkrong ngafe sama temen-temen ibukota yang jarang banget ketemu. Nah, kali ini saya nyempetin tuh jalan-jalan ke kota Tua. Selama perjalanan dari rumah ke daerah Fatahillah ini udah mikir banget nih, bakalan ngeliat apa ya disana nanti? masih sama seperti yang terakhir aku liat beberapa tahun yang lalu pas kesana? ceritanya agak horror ya? Hahaha...selama diperjalanan bahkan udah merinding duluan :")

Sekitar jam stengah 5 sore tuh saya nyampe di Museum Fatahillah, kota Tua. Alhamdulillah, masih rame, ada yang dateng bareng temen-temennya, keluarga, suami/istri, bahakan sama pacarnya :") (yang terakhir lebih horror daripada hantu apapun yang nampak disini kayaknya)

Pas nyampe, langsung foto-foto dulu. Biar kekinian :p
Nah, perhatiin deh, senyumnya udah gemeteran gitu ya? Hahahahahaha...gimana nggak pas masuk udah di liat-liatin sama "mereka" jadinya kan grogi :p tapi syukurnya belom ada yang ganggu banget sih.

Akumah gak tahan kalo ngeliat badut, bawaannya minta peluk :p
Nah, disekitaran museum Fatahillah ini sebenarnya banyak temen-temen kita yang nyari duit jajan dengan cara jadi badut, pake pakean hantu, dll. Mereka gak netapin tarif, seikhlasnya para pengunjung aja mau ngasih mereka berapa setelah menggunakan jasa mereka, kan yang penting Halal. Saya tuh seneng banget sama yang manya badut, apapun bentuknya. Saya lebih girang dikasih badut daripada ngeliat balon -__-" Bawaannya itu pengen meluk aja, seolan-olah ngasi tau ke mereka yang ada didalam kostum badut itu, kalo saya menghargai kerjaannya mereka, saya sayang sama mereka, jadi kerjanya yang giat ya! Hahahaha :") intinya saya seneng banget sama badut!


bukan hantu beneran kok! mereka cuma dandan dan berkostum hantu-hantu khas indonesia, hahaha!

Nah yang ini ajaib, doi seolah-olah duduk tapinya gak ada napak dimana-mana. Gimana ya caranya? Hahaha, saya juga penasaran. Kalo abis foto sama temen-temen kita ini di Kota Tua, jangan lupa ngasih mereka upah ya, kan kita udah pake jasa mereka :) seikhlasnya aja kok!

Di sekitar Museum Fatahillah ini masih banyak gedung-gedung yang di pertahankan sebagai Bagunan Heritage, tapi ya gitulah. Buat temen-temen yang emang punya kelebihan bisa liat "mereka yang halus" jangan pecicilan ya...mereka seneng kok dikunjungi, tapi mereka gak suka diganggu. Kebanyakan dari mereka adalah bangsa kulit putih yang sesekali mengintip lewat sudut-sudut mata saya. Namanya bangunan tua, dan pernah ada history di dalamnya, jangan lupa permisi ya setiap melangkah. 

Djakarte Cafe

Setiap saya berkunjung ke kota Tua ini, saya selalu menyempatkan untuk mampir sebentar ke cafe ini. Saya seneng sih bisa selalu berada di tempat ini, cafenya emang udah gak terlalu ramai, tapi coba deh mampir dan icip roti bakar cokelat keju dan teh susu nya, ajaib! Enak banget~

Batavia Cafe

Sepanjang jalan juga kamu bisa melihat temen-temen kita yang memamerkan hasil kerajinan tangannya yang bisa kamu order atau bisa kamu beli. Gak cuma itu banyak penjual baju dan pernak-pernik yang kamu bisa beli dengan harga "pasar" alias murah dan bisa di tawar. Kamu bisa menemukannya di pasar jalanan. 




di sekitaran Kota Tua juga banyak yang jualan, pasar jalanan~
Sepanjang jalan di pinggiran Museum Fatahillah, ada yang disebut pasar jalanan. Sambil wisata history kamu juga bisa mampir buat shopping disini, harganya juga murah bisa ditawar. Tapi kata saudara saya, saya gak mempan sama pasar jalanan beginian, kecuali yang namanya wisata kuliner saya pasti sudah duduk manis memesan makanan, hahaha...
Udah puas muter-muter di Kota Tua (padahal sih belum ya) saya mampir sebentar nih di Pelabuhan Sunda Kelapa


Pas nyampe disini karena udah hampir maghrib jadi cuma sebentar, soalnya truk udah lalu lalang, jadi udah gak bebas lagi foto-foto disini. Cuma nyanyi-nyanyi "nenek moyangku seorang pelaut...~"

udah kelihatan banget menjelang malam ya? lampu-lampu kapalnya sudah mulai dinyalakan
Setelah dari Pelabuhan Sunda Kelapa, salah satu pelabuhan penting di Indonesia dari jaman penjajahan Belanda sampai saat ini, jadi salah satu pusat perputaran uang di negeri kita nih! Kemudian saya beranjak sebentar, mampir kerumah pacar saudara saya. Eh iya, lupa! Saya kemana-mana hari ini gak sendirian loh, saya ditemani oleh salah satu kakak sepupu saya, Kak Riyo namanya. Saya mampir kerumah pacarnya yang gak jauh dari Pelabuhan Sunda Kelapa, buat shalat maghrib. Dan alhamdulillah, rejeki anak shalehah dapat jatah cemilan, KETOPRAK!!!! one of my favorite cemilan di Indonesia, dan yang enak cuma ada di Jakarta ibukota kita tercinta.

ini dia katanya KETOPRAK paling juara di daerah rumahnya KakDina :p

Karena makanan aseli ibukota makanya yang enak tuh cuma di Jakarta! Hahahaha...pokoknya makanan pertama dan akan selalu jadi culinary list yang akan di icipin kalo di Jakarta ya ini, sama satu lagi, semua makanan yang ada kambingnya, HAHA! actually, saya sebenarnya bukan penggila kambing yang baik. Kenapa? Karena saya cuma berani makan kambing di Pulau Jawa. Kalo udah balik lagi ke Makassar, jangankan makan, nyium aroma masakan yang ada kambingnya aja udah eneg. Tapi beda kalo udah di jakarta, mulai dari nasi goreng kambing depan rumah Oma, sate kambing, tongseng dll. semuanya di santap dengan lahapnya kayak gak pernah makan dari lahir. Haha!

sate Kambing Sarinah

Ini juga enak! Sate Kambing di pengkolan Sarinah. Mahal banget tapinya :( satu porsi Rp 75.000,- tapi menurut gue sih wajar karena enakkkkk~ HAHA! Setelah makan sate kambing, belom kenyang banget sih, tapi kasian besokannya sodara gue mau masuk kantor. Kecapean anterin dan nemenin adeknya yang bawel dan kelaparan terus, akirnya gue di balikin ke rumah. dan istirahat!

Besokannya, gue janjian sama sodara gue yang satunya lagi (banyak banget sodara elu, san?) HAHA! Janjian di tempat nongkrongnya anak muda gaul Jakarta yang seneng banget sama nuansa Korea. Ya! Lotte Avenue, daerah Casablanca. Naik angkot, gue! Dan Lobby pintu masuknya jauuhhh bener! HAHA. 
Janjian sama Kakak Spupu, ponakan dan Tante.
Karena kebetulan kak Ira saudara gue ini gak ada jadwal mengudara, ciehh! Dia pramugari di Maskapai Penerbangan Kelas 1 Indonesia, gue janjianlah dengan dia di Lotte Avenue ini. Setelah dari RS buat imunisasi anaknya, mampir dulu langsung nyari makan, gue anaknya laperan cuy~

Selamat Makan siang!
Karena lagi di Mallnya orang koreaan, jadi makannya ya makanan korea, lupa sih di lt berapa, tapi nama restaurantnya "BULGOGI BROTHERS" harganya? hmm...ini termasuk makanan mahal menurut gue sih..emang makanan korea menurut gue mahal-mahal semua :p apa karena air putihnya ya?

Setelah selesai makan, gue dan saudara sepupu jalan-jalan keliling mall dan kemudian mampir ke, lagi-lagi korea~ 

Cafe Bene top dessert, greentea!
Ponakanku, Syakira.

Setelah ngobrol-ngobrol sebentar sambil makan dessert bertiga, saya pamit pulang. Karena abis maghrib saya janjian lagi nih ketemuan sama abang saya, mo minta makan :p HAHA!
Lumayan jauh sih janjiannya, di daerah Bekasi :")
Tapi karena udah di iming-imingin makanan, makanya saya mau tuh ke Bekasi. Naik kereta :p

Duit buat jajan dari abang :p
Di summarecon Mall Bekasi, janjian ketemu sama abang kesayangan gue. HAHA! Jauhnya, sebelum makan berat dikasih duit 50 ribu buat jajan di pasar malam Summarecon. Lumayan 50 ribu bisa beli ice cream Jeju sama gobanggochiz yang lagi ngetrend gitu. Kata abang gue, adeknya murahan sogokannya cuma pake cemilan udah seneng banget. Kasilah semua makanan buat adek gue. Udah gitu aja dia bahagia kok!

Ice Cream yang lagi ngehitz kala itu. Jeju Ice Cream (itu sepatu abang gue ikutan di poto)
Harganya 20 ribu. Masih ada sisanya 30 ribu. HAHA!
Ini nih kesukaan gue! Gobang Gochiz~ Harganya 15 ribu isinya ada 5 macam rasa. 
Sebenarnya duit jatah jajan masih ada 15 ribu, tapi gue lebih memilih makan nasi sepertinya :") karena keadaan Mall yang lagi rame parah, mendingan cari makan yang gak lama. Tempat makanan fastfood jepang yang enak! Yoshinoya~ Selamat makan!


Setelah kenyang dan muter-muter gak jelas, akhirnya gue balik ke Jakarta dengan dianterin ke stasiun sama abang gue. See ya! Tunggu cerita sansan liburan lainnya ya gaes!



withLove,
hiksyanisanie


1 komentar:

  1. LOVE itttt...
    ke kota tua dulu malam hari, gak ada orang2an pake kostum hikss..hikss
    kalo ke jakarta ,, melipir lah ke Jakarta timurrrrrrrr haha

    BalasHapus