Selasa, 03 Februari 2015

'tamparan' dini hari

dini hari, tepat pukul 00.45 teleponku berdering, seorang sahabatku yang jauh dari benua biru, menyempatkan diri untuk sedikit melebarkan pendengarannya, mendengarkan. ia termasuk salah satu pendengar yang baik sejauh ini..

awalnya hanya ngobrol biasa, seperti biasa. saling bertukar kabar, menceritakan sesuatu yang baru, sampai akhirnya mulai ngobrol ke masalah yang menurutku akhir-akhir ini sering sekali mengganggu pikiran, entahlah mungkin saya memang tipe orang yang terlalu memikirkan hal-hal kecil seperti itu, kecil menurut orang lain belum tentu kecil menurut saya.

"umi, ada yang salah ya dari gue? atau ada yang elo gak suka dari gue?"
"kalo emang ada yang gue gak suka sama kelakuan elo, gue bakalan dan pasti ngomong lah...lu tau gue kan? gak peduli banget kalo pada akhirnya elo merasa tersinggung dengan apa yang elo rasain, tapi selama itu baik menurut gue buat elo sih bakalan gue sampein, sepahit apapun itu. begitu juga sebaliknya harusnya elo ke gue. kalopun gue pendam sendiri, pasti nanti juga bakalan capek, dan yang parahnya itu semua bakalan meledak dan pasti buat gue ilfil. nah, kalo udah gini yang salah ya gue..."

"mungkin gini, san...kalau elo gak bilang apa yang salah, gue gak bakalan bisa perbaiki. Lantas kalo gue gak tau elo gak suka, gue bakalan ngerasa kalo elo baik-baik aja ke gue. padahal elo dalam hati udah gondok, kesel, sebel, tapi masih elu simpen aja, mungkin elo nganggep gue udah nikah, udah dewasa. tapi orang dewasa gak selamanya bisa baca kode, we are human being bukan orang cenayang yang bisa baca semua situasi, lantas kalo udah capek, meledak, ya udah selesai..."

"dalam hubungan apapun, kita berhak kok dapet kesempatan buat tau apa kesalahan orang lain dan memperbaiki, bukannya elo diamin terus ditinggalin gitu aja. itu salah loh! kalo elo sayang sama dia, pengen liat dia baik, ya ngomong. karena menurut gue, sejahat-jahatnya omongan elo, kalo emang cuma mau memperbaiki karena elo sayang, ya kenapa gak diomongin baik-baik coba?"

walaupun panjang banget jawaban dari pertanyaan singkat gue, tapi semalam gue-merasa-ditampar-banget sama sahabat gue itu. iyah bener juga ya...

entah kenapa ya, gue baru sadar aja, selama ini gue gampang banget ngerasa terganggu dan gak enak sama orang, dan tindakan gue adalah menjauh. kenapa, alesannya klise "males ribut", tapi ternyata itu bisa jadi pemicu berantakannya hubungan loh...hubungan dalam bentuk apapun, entah sama pasangan elo, sahabat elo, rekan kerja atau bahkan orang tua elo sekalipun.

intinya adalah komunikasi, gimana caranya...ya kita udah cukup dewasa lah buat nentuin gimana cara kita buat berkomunikasi dengan orang yang sedang berhubungan dengan kita. buat teguran itu sebaik mungkin, dan ya jangan bosen ngingetin aja, karena ketika kamu bosan, ada ketidakikhlasan dalam diri kamu. bener lah, shalat aja yang kewajiban manusia umat muslim, masih sering diingetin dan sering kelupaan sama kita. ya, manusia biasa...

dini hari tadi, gue ngerasa mulai hari ini gue gak boleh se-enggak-peduli seperti kemaren-kemaren lagi, gue harus belajar membangun komunikasi yang baik lagi sama orang-orang disekitar gue. dan gue juga harus membuka diri buat ditegur sama mereka. untuk meminimalisir kesalahpahaman aja sih, dan menghindari 'cerita belakang'.

termakasih percakapan dini harinya, sahabat.
titip peluk cium dan rindu buat suami dan anak-anakmu, semoga bahagia selalu mengelilingi hari-hari kalian :')
berharap tahun ini kalian bisa menyisihkan sedikit waktu untuk pulang ke tanah air, banyak yang merindukanmu disini.
Selamat Pagi, Canada!


love,
hiksyanisanie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar